Inflamasi Kornea Terjadi Sering Memakai Softlens

Softlens atau lensa kontak yaitu satu diantaranya alat tolong pandangan yang kerap dimanfaatkan beberapa orang. Akan tetapi penggunannya mesti tambahan berhati-hati lantaran lebih beresiko dibanding alat tolong beda seperti kacamata.

Seperti yang diketemukan studi terkini oleh periset University College London, ada penambahan masalah infeksi mata langka pada beberapa pemakai softlens. Pemicunya yaitu mikroorganisme bernama Acanthamoeba yang dapat memicu inflamasi kornea.

Pemimpin studi dr John Dart menuturkan ada penambahan masalah infeksi hampir 3 kali lipat di Inggris. Tahun 2011-2016 infeksi Acanthamoeba dilaporkan rata-rata ada seputar 18, 5 masalah per tahun, akan tetapi saat ini angkanya telah bertambah menjadi 50, 3 per tahun.

” Jelas ini ada soal. Acanthamoeba keratitis yaitu satu diantaranya type infeksi mata yang sangat jelek, ” kata dr John seperti dilansir dari CNN.

” Acanthamoeba keratitis yaitu infeksi yang langka, namun kalau berlangsung, dampaknya menakjubkan besar merubah hidup pasien. Cuma seputar 70 prosen pasien yang dapat pulih kurun waktu 12 bulan. Bekasnya 30 prosen butuh perawaatan mata lebih dari satu tahun, ” lanjut dr John.

Acanthamoeba beresiko untuk mata lantaran tahan pada antibiotik serta dapat membuat susunan kornea meradang sampai makin lama robek. Kalau telah demikan jadi transplantasi kornea menjadi hanya satu jalan buat melakukan perbaikan manfaat pandangan pasien.

Menurut Pusat Pengendalian serta Mencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) masalah infeksi Acanthamoeba memang seputar 85 prosen berlangsung pada pemakai softlens.