Home / Uncategorized / Komnas Ham Menyerahkan 14 Nama

Komnas Ham Menyerahkan 14 Nama

Komnas Ham Menyerahkan 14 Nama – Panitia Seleksi Komisioner Komisi Nasional untuk HAM (Komnas HAM) menyerahkan 14 nama pada Komisi Hukum DPR. Beberapa nama itu hasil dari seleksi nyaris 100 peserta yang melakukan lima bagian tes Panitia Seleksi (Pansel) Komisioner Komnas HAM.

Ke -14 nama itu nanti juga akan diambil 7 orang oleh DPR jadi komisioner Komnas HAM periode 2017 – 2022. ” Komisi Hukum DPR yang kelak juga akan mengolah. Pada umumnya kami anggap ini terbaik, yang dipandang dapat melakukan perbaikan gambaran serta kemampuan instansi ini untuk lima th. ke depan, ” tutur Ketua Pansel Calon Komisoner Komnas HAM Jimly Asshiddiqie waktu menginformasikan 14 nama tersebut di Gedung Komnas HAM, Menteng, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Beberapa calon, kata dia, sudah melakukan bagian seleksi, dari mulai administrasi, seleksi pengetahuan, kontrol kisah hidup, sampai wawancara segera. Jumlah keseluruhan peserta yang dikerucutkan jadi 28 orang, lalu melakukan tes psikologi pada 17 Juli lantas, serta kontrol kesehatan fisik pada 18-19 Juli.

Jimly mengklaim memperoleh banyak input dari beragam elemen orang-orang, berkaitan seleksi itu. ” Kami (pansel) buka diri, hingga partisipasi orang-orang tinggi sekali. “

Pansel Komisioner Komnas HAM juga menyerahkan seutuhnya ketetapan berkaitan jumlah calon yang juga akan jadi komisioner, pada Komisi Hukum DPR.

” Mereka dapat memastikan pilihan apakah ingin pilih lima, tujuh, atau sembilan, terserah mereka yang perlu kami setor 2 x jumlah yang dibutuhkan, ” tutur Jimly.

Mewakili Pansel, Jimly mengharapkan beberapa komisioner dipilih nanti dapat bekerja bersama merampungkan pekerjaan Komnas HAM yang ada, termasuk juga menghindar terulangnya kegaduhan internal.

” Dengan internal beberapa orang ini kami berharap miliki kekuatan kerja sama tidak cuma antar komisi namun juga staf karna mesti perbaiki kondisi runyam di Komnas HAM, ” kata dia.

Sejumlah 14 calon Komisioner Komnas HAM datang dari latar belakang yang bermacam, dari mulai pegiat instansi swadaya, akademisi, sampai advokat. Ada pula dua petahana yang diakui kembali memimpin Komnas HAM, yaitu Roichatul Aswidah serta Sandrayati Moniaga.

Sebagian calon juga datang dari instansi semacam Komnas HAM, seperti Arimbi Heroepoetri yang pernah menjabat Komisioner Komnas Perempuan. Tidak ketinggal, bekas Duta Besar RI di Bulgaria, Bunyan Saptomo juga diloloskan pansel untuk ikuti uji kelayakan di Komisi Hukum.

Tersebut 14 nama calon komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 :

Tersebut disini ke14 nama calon anggota Komnas HAM periode 2017-2022 :

1. Ahmad Taufan Damanik
2. Amiruddin
3. Antonio Pradjasto
4. Arimbi Heroepoetri
5. Beka Ulung Hapsara
6. Bunyan Saptomo
7. Hairansyah
8. Judhariksawan
9. Mohammad Choirul Anam
10. Munafrizal Manan
11. Roichatul Aswidah
12. Sandrayati Moniaga
13. Sondang Friskha Simanjuntak
14. Sri Lestari Wahyuningroem

About admin