Pembentukan DPN Mendapat Dukungan Penuh Dari Menaker

Pembentukan DPN Mendapat Dukungan Penuh Dari Menaker – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri memberi dukungan ide pembentukan Dewan Pendidikan Nasional (DPN). Maksudnya adalah untuk menyesuaikan dunia pendidikan dengan kepentingan industri.

” Pembentukan DPN menjadi langkah yg bagus. Akan tetapi kelak yg diutamakan jangan sampai (cuma) usaha pembentukannya, namun proses fungsinya, ” kata Hanif kala terima inisiator pembentukan DPN di kantor Kemnaker, Senin (2/7/2018).

Dia mengutarakan, basic pembentukan DPN ialah mendukung pemerintah jadikan satu arah pendidikan di Indonesia, biar pendidikan di Indonesia memiliki satu arah serta bersinergi dengan dunia industri.

Product dari DPN kedepannya ialah kajian-kajian yang bisa dimanfaatkan utk meningkatkan pendidikan di Indonesia biar serasi dengan industri.

” Itu realita di lapangan. Mereka menyaksikan proses pendidikan belum juga sama sesuai kepentingan pasar kerja. Maka itu bukan hanya pendidikan vokasi saja, akan tetapi pendidikan lewat cara umum, ” kata Hanif.

Disadari Hanif, diantara satu masalah tenaga kerja di Indonesia ialah ketidaksesuaian lulusan dengan kepentingan pasar. Dengan dibentuknya DPN, papar Menaker, kedepannya pendidikan di Indonesia dikehendaki lebih terukur serta lulusannya enteng diserap oleh dunia industri.

” Saya menaruh asa yg besar pada pendidikan di Indonesia. Apa-pun model pendidikannya, baik resmi atau informal, yg utama mampu menambah kompetensi, maka tenaga kerja Indonesia mampu masuk dunia kerja dengan enteng, ” tutup Menaker.