Respon Presiden Korut Atas Pembatalan Pertemuan

Respon Presiden Korut Atas Pembatalan Pertemuan – Presiden Donald Trump memastikan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura batal di gelar. Apa respon pemerintah Korut tentang pembatalan ini?

Diberitakan dari Reuters, Jumat (25/5/2018) , Wakil Menteri Luar Negeri Korut Kim Kye Gwan mengatakan Korut terbuka kapan lantas pertemuan itu di gelar. Korut menjunjung ketetapan Trump tentang pembatalan itu.

” Kami (terlebih dahulu) sangatlah menghormati usaha Presiden Trump (utk bersua Kim Jong Un) , belum pula sempat dilaksanakan oleh presiden terlebih dahulu utk bikin ide pertemuan bersejarah Korut-AS, ” kata Kim Kye Gwan seperti di rilis kantor berita Korut KCNA.

” Kami menginformasikan terhadap AS kembali bahwa kami terbuka utk selesaikan permasalahan setiap waktu serta melalui langkah apa saja, ” katanya.

Pertemuan Trump serta Kim Jong Un sedianya di gelar 12 Juni lain kesempatan di Singapura. Akan tetapi Trump beranggap pertemuan itu tak perlu kembali.

” Tolong biarkanlah surat ini berguna utk mewakili bahwa pertemuan tingkat tinggi di Singapura, buat kebaikan ke dua belahlah pihak, akan tetapi merugikan dunia, tak lagi berjalan, ” catat Trump dalam satu buah surat.

Surat yg ditulis Trump diangkat di account Twitter resminya, Kamis (24/5) , seputar waktu 22. 00 WIB. Surat itu berkop Gedung Putih dengan sebutan lain ‘The White House’, di buat di Washington, tertanggal hari ini, 24 Mei 2018.

Presiden Kores Selatan Moon Jae-in menyesalkan perihal tersebut serta berasa sangatlah bingung.

” Saya sangatlah bingung serta sangatlah disesalkan bahwa pertemuan Korea Utara-AS tak lagi diselenggarakan pada 12 Juni walaupun sebenarnya dijadwalkan bakal diselenggarakan, ” kata Moon diungkapkan dalam satu buah pertemuan di Gedung Biru, seperti dilansir dari Reuters yg merilis Yonhap News Agency, Kamis (24/5) .