Home / Uncategorized / Hari Peringatan Digantungnya Eks PM Pakistan | Mancanegara

Hari Peringatan Digantungnya Eks PM Pakistan | Mancanegara

Di hari ini tepat 37 tahun sosok Zulfikar Ali Bhutto, salah satu presiden Pakistan di era 1971-1973 serta Perdana Menteri Pakistan di era 1973-1977 serta ayah sosok Benazir Bhutto, dalam hal dieksekusi hukuman gantung kala dilangsungkan di Rawalpindi, Punjab, wilayah Pakistan dan dilakukan oleh sosok Jenderal Zia ul-Haq.

Dalam unggahan media BBC, sang pendiri Partai Rakyat Pakistan tersebut dinyatakan bersalah akan adanya kasus pembunuhan ke sejumlah politikus semisal Ahmed Reza Kasuri di tahun 1974, dan juga kasus korupsi.Memang kala itu sempat dalam masa di tentang pihak internasional.

Ali Bhutto merupakan Perdana Menteri Pakistan yang pertama kala dipilih lewat demokratis dan lahir di Sindhi, India, di tahun 5 Januari 1928. Dalam dua tahun namanya huga ada di jeruji besi, dan keluarganya sama sekali tak diperkenankan menemui dia. Ali Bhutto kala itu juga diperlakukan tak hormat sampai hari dia eksekusi.

Eksekusi kala itu juga membuat Sekjen PBB Kurt Waldheim mengatakan rasa penyesalannya akan keputusan junta dari militer Pakistan. Dan Perdana Menteri Inggris yakni James Callaghan, juga menyesal akana danya tragedi itu.

About admin